The Effect of Counseling on The Importance of Balanced Nutrition Through Poster Media on Breakfast Habits of Students at SDN 155 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.36568/jone.v2i1.325Keywords:
Knowledge of Balanced Nutrition, Poster Media,, Breakfast HabitsAbstract
Balanced Nutrition Message recommends getting used to breakfast. If you don't have breakfast, your concentration will be disturbed and your learning achievement will drop. Counseling is carried out to improve a person's behavior with messages conveyed through print media (posters) the aim is to change students' breakfast habits. In order to observe students' breakfast habits, this research used a pre-experimental study with a one group pretest posttest design. A total of 40 children participated in the study at SDN 155 Gresik in grades 4 and 5, using the proportional random sampling method. The average knowledge score before and after counseling was 61.35 78.50. Breakfast behaviors were graded on a scale from 75.58 to 81.55 before and after counseling. According to the study's findings utilizing the paired t-test, balanced nutrition counseling through poster media had an impact on understanding of balanced nutrition (p 0.05), but had no impact on breakfast behaviors (p > 0.05). It is preferable to implement balanced nutrition advice, and one of them is establishing a breakfast routine because it can stimulate the brain and aid in concentration and focus while learning.
References
Hanim, Busyra, Ingelia Ingelia, dan Dany Ariyani. 2022. “Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Kebidanan Malakbi 3(1): 28.
Notoadmodjo, S. 2012. Jakarta: EGC Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan.
Syafiq, Muhammad, dan Aisyah Nurkhopipah. 2022. “Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Kebiasaan Makan.” Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan 2(1): 36–41.
Harahap Putri Rinita. 2018. 63 Bitkom Research Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Seimbang melalui Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Anak Sekolah Dasar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (Min) Medan Senemba Kecamatan Tanjung Morawa.
NI Sofianita, FA Arini, E Meiyetriani. 2015. “Peran Pengetahuan Gizi dalam Menentukan Kebiasaan Sarapan Anak-Anak Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Gizi Pangan 10(1): 57–62.
Rahman, Farida. 2019. Pengaruh Peendidikan Gizi dengan Media Kartu Kuartet terhadap Kebiasaan Sarapan, Asupan Energi dan Protein Sarapan dan pengetahuan Gizi tentang Sarapan di SDN Pedurungan Kidul. Jurnal Riset Gizi 7 (1) 48-49
Pratiwi, Fitri Vera. 2022. “Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa-Siswi di SMPN14 Kota Bengkulu Tahun 2022.” Material Safety Data Sheet 33(1): 1–12.
Nurudin Rahman, Nikmah Utami Dewi, Bohari. 2017. “Kebiasaan Sarapan Pagi, Asupan Zat Gizi, dan Status Gizi Murid SDN Inpres 3 Tondo, Kota Palu.” Jurnal Preventif 8(April): 14–20.
РККР, 2013. Deklarasi Pekan Sarapan Nasional Pusatpkkp.bkp.pertanian.go.id.
Rozanah, Fatharani. Yuniarti dan Kun Aristiati Susioretni. 2017. “Efektifitas Edukasi Sarapan Sehat terhadap Pengetahuan Gizi, Frekuensi Sarapan, dan Asupan Energi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Beji 01 Kabupaten Semarang.” Riset Gizi 16: 15–21.
Mustikowati, Tri et al. 2022. “Hubungan Kebiasaan Sarapan terhadap Konsentrasi Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri Sukawera Relationship of Breakfast Habits towards Concentration of Children’s Learning at School-Age Children in Public Elementary School Sukawera.” Journal of Nursing and Midwifery Sciences 1(1): 8–12.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Indraswari, Sonya Hayu. 2019. “Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Poster dan Kartu Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang di SDN Ploso I-172 Surabaya.” The Indonesian Journal of Public Health 14(2): 210.
Suraya, S., Apriyani, S. S., Larasaty, D., Indraswari, D., Lusiana, E., & Anna, G. T. (2019). "Sarapan Yuks" Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak-Anak. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 201-207.
DinasKesehatan(2022).BiasakanSarapanPagi.https://dinkes.kulonprogokab.go.id/detil/654/biasakan-sarapan-pagi#
Waldani, Dina, Rosfita Rasyid, and Zulkarnain Agus. 2018. “Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Perubahan Perilaku Kebiasaan Sarapan Pagi Murid SD Negeri 05 Solok Selatan Tahun 2016.” Jurnal Kesehatan Andalas 7(2): 176.
Wahyuningsih, Retno. 2020. Penggunaan Cakram Gizi Sarapan Pagi sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa. Jurnal Pengawas Kesehatan Sasambo
Indraswari, Sonya Hayu. 2019. “Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Poster dan Kartu Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang di SDN Ploso I-172 Surabaya.” The Indonesian Journal of Public Health 14(2): 210.
Isnaini, Nisa. 2018 Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Cakram dan Powerpoint terhadap Pengetahuan dan Kebiasaan Sarapan pada Siswa SMP.
Hikmawati, Zainab. 2018. “Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari.” Jurnal Ilmu Keperawatan.
Nindrea, Ricvan Dana. 2017. “Pengaruh Penyuluhan Gizi dengan Perubahan Perilaku Sarapan Pagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Endurance 2(3): 239.
Briawan, Dodik, Ikeu Ekayanti, dan Ratu Diah Koerniawati. 2014. “Pengaruh Media Kampanye Sarapan Sehat terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Kebiasaan Sarapan Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor.” Jurnal Gizi dan Pangan 8(2): 115.
Hikmawati Z, Rahim A, Yasnani. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016.
Jumarddin La Fua1, Ratna Umi Nurlila2. 2009. “Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi, Dukungan Orang Tua, Fasilitas Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 01 Gunung Sari Kec. Bonegunu Kab. Buton Utara Jumarddin.” 1(2): 1–12.
Picauly, Intje. 2020. Pentingnya Sarapan Sehat dalam Meningkatkan Prestasi Siswa dan Pencegahan Stunting pada Pelajar SMP Negeri 16, Kelas XI Kota Kupang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering 1 (1), 1-9 2020
Kennedy, Eileen, and Carole Davis. 1998. “US Department of Agriculture School Breakfast Program.” American Journal of Clinical Nutrition 67(4): 798–803. https://doi.org/10.1093/ajcn/67.4.798S.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hilda Vilatul Rohmin, Inne Soesanti, Taufiqurrahman, Mujayanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.